Pangdam XII/Tpr Ikuti Do'a Bersama Dalam Rangka Hari Juang TNI AD

Kubu Raya, Rabu (15/12/21) - Panglima Kodam XII/Tanjungpura, Mayjen TNI Sulaiman Agusto, S.I.P., M.M., beserta keluarga besar Kodam XII/Tpr, para Veteran, anak yatim dan tokoh lintas agama mengikuti acara Do'a Bersama dalam rangka Hari Juang TNI Angkatan Darat  TA 2021 bertempat di Aula Sudirman, Makodam XII/Tpr.

Kegiatan bertajuk Do'a Untuk Negeri kali ini dilaksanakan melalui zoom meeting yang dihadiri langsung oleh Kasad, Jenderal TNI Dudung Abdurachman dari Mabesad, Jakarta. Acara do'a bersama ini juga diikuti seluruh Kotama jajaran TNI AD.

Do'a bersama sore hari tersebut dipimpin oleh Habib Lutfi Bin Yahya didampingi oleh perwakilan dari lima agama. Sementara itu, segenap Kotama jajaran TNI AD di seluruh Indonesia mengikuti doa secara serentak di tempat masing-masing.

Kasad, Jenderal TNI Dudung Abdurachman dalam sambutannya mengatakan, do'a bersama ini sebagai ungkapan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa serta kesempatan untuk mengenang kembali sejarah perjuangan TNI AD yakni peristiwa pertempuran Ambarawa sebagai tonggak sejarah peringatan Hari Juang TNI AD. 

"Serta bentuk penghormatan kepada pahlawan dan pendahulu kita dalam perjuanganya terhadap bangsa dan negara," kata Kasad.

Selanjutnya juga mengatakan, peristiwa Palagan Ambarawa tanggal 15 Desember 1945 dipilih sebagai momen Hari Juang TNI AD bukan hanya didasarkan pada kemenangan gemilang yang diraih para pejuang saat itu, tetapi lebih dari itu, peristiwa Palagan Ambarawa merepresentasikan betapa pentingnya keterpaduan dan semangat juang dari seluruh komponen bangsa untuk bersama sama menghadapi tantangan berat yang menghadang di depan.

Menurut Kasad, peristiwa tersebut juga menunjukkan bahwa TNI AD tidak pernah berjuang sendiri. Sejarah membuktikan bahwa hanya bersama rakyat dan dengan dukungan dari seluruh komponen bangsa TNI AD akan kuat dan mampu menjalankan tugas - tugasnya dengan baik. 

Kasad menyampaikan, peringatan hari Juang TNI AD kali ini merupakan momentum untuk intropeksi diri, untuk mengevaluasi perjalanan panjang yang telah dilalui sekaligus menetapkan komitmen untuk melakukan lebih baik di masa depan dalam melestarikan tradisi Angkatan Darat dalam rangka meningkatkan motivasi semangat jiwa kejuangan serta nasionalisme dan patriotisme dalam melaksanakan tugas dan tantangan ke depan. 

"Perkembangan dan perubahan spektrum ancaman menuntut prajurit TNI memiliki karakter integritas dan moral dengan dilandasi oleh nilai - nilai perjuangan para Pahlwan bangsa," ujar Jenderal TNI Dudung Abdurachman.

Untuk diketahui, pada peringatan Hari Juang TNI AD kali ini, Kodam XII/Tpr memberikan bantuan dari Kasad berupa renovasi rumah layak huni kepada Veteran TNI AD, serta santunan kepada para anak yatim. Bantuan dan santunan tersebut diserahkan langsung oleh Pangdam XII/Tpr saat acara Do'a Bersama. (Pendam XII/Tpr)